Bagian - Bagian Buah Kelapa Lengkap



Pohon kelapa yang dimaksud dengan juga pohon nyiur umumnya tumbuh pada daerah atau lokasi pinggir pantai. Banyak sekali faedah yang bisa kita dapatkan dari pohon kelapa. Dari mulai batang, daun serta buahnya, semua bisa digunakan. Mungkin saja karena faedahnya banyak sekali, pohon kelapa jadikan logo " Praja Muda Karana " (Pramuka) di Indonesia. Dalam klasifikasi tumbuhan, pohon kelapa termasuk juga dalam genus : cocos serta species : nucifera. Nah, saat ini mari kita ulas satu-satu sisi serta faedah dari pohon kelapa. 

Sisi Bagian Kelapa 

Buah kelapa 
Buah kelapa terbagi dalam kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa serta instansi. 


Kulit luar 
Kulit luar adalah susunan tipis (0, 14 mm) yang memiliki permukaan licin dengan warna beragam dari hijau, kuning sampai jingga, bergantung pada kematangan buah. Bila tidak ada goresan serta robek, kulit luar kedap air. 

Sabut kelapa adalah sisi yang lumayan besar dari buah kelapa, yakni 35 persen dari berat keseluruhnya buah. Sabut kelapa terbagi dalam serat serta gabus yang menghubungkan satu serat dengan serat yang lain. Serat merupakan sisi yang bernilai dari sabut. Tiap-tiap butir kelapa memiliki kandungan serat 525 gr (75 persen dari sabut), serta gabus 175 gr (25 persen dari sabut). 

Tempurung adalah susunan keras yang terbagi dalam lignin, selulosa, metoksil serta beberapa mineral. Kandungan beberapa bahan itu bermacam sama dengan type kelapanya. Susunan yang keras dikarenakan oleh silikat (SiO2) yang cukuplah tinggi kadarnya pada tempurung. Berat tempurung seputar 15~19 persen dari berat keseluruhnya buah kelapa. 

Kulit daging buah. 
Kulit daging buah merupakan susunan tipis coklat di bagian terluar daging buah. 

Daging buah. 
Daging buah adalah susunan tebal (8~15 mm) berwarna putih. Sisi ini memiliki kandungan beberapa zat gizi. Kandungan zat gizi itu bermacam sama dengan tingkat kematangan buah. Daging buah tua adalah bahan sumber minyak nabati (kandungan minyak 35 persen). Pada tabel 2 bisa disaksikan formasi zat gizi daging buah kelapa. 

Air kelapa
Air kelapa memiliki kandungan dikit karbohidrat, protein, lemak serta beberapa mineral. Kandungan zat gizi ini bergantung pada usia buah. Air kelapa bisa dipakai menjadi media perkembangan mikroba, contohnya Acetobacter xylinum untuk produksi nata de coco. 

Sumber : http://muhammad-hafidzz.blogspot.com/2015/01/bagian-bagian-kelapa.html

"Bagian - Bagian Buah Kelapa Lengkap"

Posting Komentar